Selasa, 20 November 2012

Aliran-Aliran Tafsir


Judul               : Aliran-aliran tafsir
Penulis             : Abdul Mustaqim
Penerbit           : KREASI WACANA
Cetakan           : I, 2005
Tebal               : 111 halaman
Aliran-aliran tafsir karya Abdul Mustaqim membahas tentang pembagian madzhab-madzhab tafsir yang terbagi menjadi tiga bagian yaitu periode kalasik, periode pertengahan dan periode kontemporer. Para ulama berbeda-beda dalam memetakannya. Para Ulama Ada yang membagi berdasarkan periodisasinya  atau kronologi waktunya, sehingga menjadi madzhab tafsir klasik,  madzhab tafsir pertengahan dan madzhab tafsir kontemporer. Ada pula yang berdasarkan kecendrungannya, sehingga muncul madzhab teologi mufassirannya sehingga muncul tafsir sunni, mu’tazili, syi’i dan sebagainya. Ada pula yang melihat dari segi persepektif atau pendekatan yang dipakainya sehingga muncul istilah tafsir sufi, falsafi, fiqhi, ilmi, adabi, al’ijtima’i. Bahkan ada juga segi perkembangan pemikiran manusia sehingga madzhab tafsir itu dapat dipetakan menjadi  madzhab tafsir periode mitologis, ideologis dan ilmiah.
Munculnya madzahibut tafsir dikarenakan dua faktor. Pertama,karena faktor internal (al-awamil ad-dakhiliyyah) yaitu hal-hal yang ada dalam teks al-Quran itu sendiri, seperti kondisi objektif teks al-Quran yang memungkinkan dibaca secara ragam. Selain itu juga dikarenakan kondisi objektif dari kata-kata al-Quran memungkinkan untuk ditafsirkan secara ragam. Sedangkan faktor yang Kedua, yaitu faktor eksternal (al-awamil al-khorijiah) yaitu hal-hal yang berada di luar teks al-Quran, berupa kondisi subjektif mufassir seperti kondisi sosio-kultural, politik dll.
Buku karya bapak Abdul Mustaqim ini begitu menarik, cocok untuk kalangan mahsiswa khususnya jurusan tafsir hadis, bahasanya yang mudah dipahami, simpel dan tidak bertele-tele namun pada buku ini memiliki kekurangan yaitu penjelasan pada contoh tidak begitu luas. Itulah sekelumit resensi buku yang wajib anda baca dan fahami khususnya pada jurusan tafsir hadis. Semoga bermanfaat. amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar